Langsung ke konten utama

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis



Salam Literasi bagi semua pembaca yang baik hatinya!!

Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai teknik menulis Daftar Isi pada sebuah dokumen dan bagaimana cara membuatnya di Microsoft Office Word.

Daftar Isi merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah dokumen atau file. Fungsinya adalah untuk memudahkan pembaca mengetahui informasi apa saja yang terdapat dalam dokumen tersebut, dan dimana letaknya.
Selain terdapat dalam setiap buku, Dafatar Isi juga terdapat di dalam karya tulis imiah seperti skripsi, tesis, disertasi, makalah,

Ada banyak cara untuk membuat Daftar Isi dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office di komputer. Sebagian besar pengguna Microsoft Word masih membuat Daftar Isi dengan cara manual. Hal ini dikarenakan mereka belum mengetahui cara membuat Daftar Isi secara otomatis. Bahkan, mungkin anda salah satu pembaca yang tidak tahu bahwa daftar isi dapat dibuat secara otomatis.

Membuat Daftar Isi secara tidak otomatis, penulis masih harus mengisi nomor halaman setiap bab satu demi satu. Tentu saja cara ini tidak efektif dan efisien, karena menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk sekadar melihat nomor halaman.
Dan bagaimana jika penulis harus menambahkan satu sampai dua paragraph, gambar atau tabel? Tentu saja akan terjadi perubahan halaman.

Artikel kali ini, penulis akan membahas bagaimana cara membuat daftar isi yang otomatis dengan aplikasi office di computer. Dengan hal ini kita akan menggunakan Microsoft Office 2007.

Sementara untuk Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013, atau Microsoft Office 2016 tidak akan jauh berbeda.

1. Buatlah sebuah file dokumen di Microsoft Word.

2. Pilihlah teks yang kita ingin jadikan dalam daftar isi.
Contohnya adalah sebagai berikut :
·         Kata Pengantar
·         Daftar Isi
·         Pendahuluan
·         Pengertian Ms. Word
·         Cara Menggunakan Ms. Word
·         Manfaat Menggunakan Ms. Word
·         Penutup
·         Daftar Pustaka

Dan Tulislah Bab-bab tersebut di halaman yang berbeda-beda.

3. Berlakukan Heading dalam Dokumen.

Caranya adalah blok semua tulisan, kemudian, di tab Home, pilih Heading Style, misalkan Heading 1.

4. Setelah itu, tahap yang selanjutnya adalah memberi nomor halaman atau Page Number.
Caranya adalah pilih tab Insert, lalu pada kolom Header and Footer, klik Page Number.


Ketika anda meng-klik Page Number, anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan seperti dibawah ini :


Anda bisa memilih dimana letak nomor halaman yang anda inginkan. Entah itu diletakkan di bawah halaman, di atas, di bawah kiri, bawah kanan, atau bawah tengah.

5. Selanjutnya, kembali ke halaman Daftar Isi.
Klik menu References, dan pilih menu Table of Content.


Ketika anda meng-klik Table of Content, anda akan di hadapkan dengan beberapa pilihan seperti dibawah ini :


Anda bisa memilih format daftar isi sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, anda bisa memilih tipe Automatic Table 1.

Setelah itu, layar akan berubah seperti gambar di bawah ini :


Selanjutnya, jika nanti ada perubahan halaman, perubahan judul, atau penambahan gambar dan materi, anda bisa meng-update table dengan cara meng-klik Update Table.


Secara otomatis, penomoran akan otomatis berubah tanpa harus melakukannya dengan manual.

Teknik menulis daftar isi seperti ini tentu saja sangat memudahkan anda ketika membuat sebuah dokumen dalam ukuran besar,seperti skripsi, tesis, disertasi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Salam Literasi!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Pendek : Kisah Toko Buku

Halo!! Sebelum memposting cerpenku, kali ini aku mau cerita dikit ya? tepatnya tentang dari mana ide cerita ini muncul.  Jadi, di sore yang gelap, hujan dan penuh geludug, aku membuka halaman twitterku, dan menemukan sebuah thread yang didalamnya sudah ribuan orang me-retweet dan reply.  judul Theard itu adalah :  "KETEMU JODOH DI TOKO BUKU" Begitu aku membacanya, kepala gabut-ku yang mulanya mentok karena terserang writer block, mendadak mendapat pencerahan. setelah itu, malamnya aku langsung membuat cerpen ini, dua jam kemudian siap meskipun masih ragu untuk judulnya.  Terimakasih untuk akun twitter @federicakim telah memberikanku inspirasi yang begitu berharga.. Semoga orang itu memang jodohmu.. aamiin.. PS : nama, tempat, dan unsur lain dalam cerpen diubah dari cerita aslinya. Selamat Membaca! Kisah Toko Buku Rasa sakit tidak pernah peduli dengan seberapa besar perasaan kita terhadap seseorang. Dan kadang, rasa itu membutakan se

Cerita Pendek : Cincin

Helo People!  Kukembali dengan membawa  satu cerita pendek lainnya!  Semoga suka! and..  Happy Reading! Cincin Jakarta tidak berubah, panas matahari masih begitu terik, di perparah dengan kemacetan yang kian hari kian padat. Baik panas ataupun macet, dua hal lumrah tersebut sudah jadi bagian hidup semua orang yang menetap di dalamnya. Meski begitu, hal-hal yang menurut sebagian orang tak menyenangkan ini bisa jadi pemicu rindu seorang kala jauh, setidaknya itu menurut Azka, seorang mahasiswi yang merantau jauh ke negeri ginseng. Studinya dimulai ketika ia lolos seleksi beasiswa S1 Kyunghee University untuk Departemen of Fashion Art di Kota Seoul, Korea Selatan. Bukan perkara mudah untuk mendapatkannya, tetapi Azka bersyukur bisa jadi orang beruntung yang dapat berkuliah di salah satu universitas terbaik se-Asia. Azka tidak menyia-nyiakan kesempatan emas untuk mendalami ilmu fashion yang seyogianya merupakan cita-cita Azka sejak kecil, ditambah jika berkaca dari kejadian

Cerita Pendek : Yogya Bersamamu

Yogya Bersamamu Matahari bersinar. Hangatnya harumkan bunga bermekaran. Tiada tempat setenang disini, setidaknya menurut Fairizh, atau akrab di panggil Fay, seorang gadis keturunan Tiongkok-muslim yang lahir dan besar di Ibukota Jakarta. Belum genap seminggu setelah ia bermukim di sebuah penginapan asri dipusat kota Yogyakarta , ia langsung jatuh hati. Disini, ia temukan satu hal dimana sebuah senyum dan sapaan nan ramah bisa menggugah hati. Karena begitu ia keluar penginapan, ia disambut hangat orang-orang sekitar. “Selamat pagi mbak Fay, Pagi-pagi udah cantik, to?” ialah Pak Anto, pria berumur pengelola villa dengan senyum ramah melekat dan logat jawa yang kental. “Selamat pagi juga P ak. Iya nih mau lihat-lihat keratin sekalian mau cari oleh-oleh buat yang di Jakarta.”,ujar Fay. “Baru selesai lari pagi ya, Pak?” “Iya dong. Daripada tidur dirumah mending keluar cari keringet mbak, badan juga jadi sehat.”, katanya. “Ohya? Mbak Fay gak akan nyesal kalau kesana. Nah kal