Salam Literasi bagi semua pembaca yang baik hatinya!!
Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai teknik
menulis Daftar Isi pada sebuah dokumen dan bagaimana cara membuatnya di Microsoft Office Word.
Daftar Isi merupakan salah satu bagian yang paling penting
dalam sebuah dokumen atau file. Fungsinya adalah untuk memudahkan pembaca
mengetahui informasi apa saja yang terdapat dalam dokumen tersebut, dan dimana
letaknya.
Selain terdapat dalam setiap buku, Dafatar Isi juga terdapat
di dalam karya tulis imiah seperti skripsi, tesis, disertasi, makalah,
Ada banyak cara untuk membuat Daftar Isi dengan menggunakan
aplikasi Microsoft Office di komputer. Sebagian besar pengguna Microsoft
Word masih membuat Daftar Isi dengan cara manual. Hal ini dikarenakan mereka
belum mengetahui cara membuat Daftar Isi secara otomatis. Bahkan, mungkin anda
salah satu pembaca yang tidak tahu bahwa daftar isi dapat dibuat secara
otomatis.
Membuat Daftar Isi secara tidak otomatis, penulis masih harus
mengisi nomor halaman setiap bab satu demi satu. Tentu saja cara ini tidak
efektif dan efisien, karena menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk sekadar
melihat nomor halaman.
Dan bagaimana jika penulis harus menambahkan satu sampai dua
paragraph, gambar atau tabel? Tentu saja akan terjadi perubahan halaman.
Artikel kali ini, penulis akan membahas bagaimana cara
membuat daftar isi yang otomatis dengan aplikasi office di computer. Dengan hal
ini kita akan menggunakan Microsoft
Office 2007.
Sementara untuk Microsoft
Office 2010, Microsoft Office 2013, atau Microsoft Office 2016 tidak akan
jauh berbeda.
1. Buatlah sebuah file dokumen di Microsoft Word.
2. Pilihlah teks yang kita ingin jadikan dalam daftar isi.
Contohnya adalah sebagai berikut :
·
Kata Pengantar
·
Daftar Isi
·
Pendahuluan
·
Pengertian Ms. Word
·
Cara Menggunakan Ms. Word
·
Manfaat Menggunakan Ms. Word
·
Penutup
·
Daftar Pustaka
Dan Tulislah Bab-bab tersebut di halaman yang berbeda-beda.
3. Berlakukan Heading
dalam Dokumen.
Caranya adalah blok semua tulisan, kemudian, di tab Home, pilih Heading Style, misalkan Heading
1.
4. Setelah itu, tahap yang selanjutnya adalah memberi nomor
halaman atau Page Number.
Caranya adalah pilih tab Insert, lalu pada kolom Header
and Footer, klik Page Number.
Ketika anda meng-klik Page
Number, anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan seperti dibawah ini :
Anda bisa memilih dimana letak nomor halaman yang anda
inginkan. Entah itu diletakkan di bawah halaman, di atas, di bawah kiri, bawah
kanan, atau bawah tengah.
5. Selanjutnya, kembali ke halaman Daftar Isi.
Klik menu References,
dan pilih menu Table of Content.
Ketika anda meng-klik Table
of Content, anda akan di hadapkan dengan beberapa pilihan seperti dibawah
ini :
Anda bisa memilih format daftar isi sesuai kebutuhan.
Sebagai contoh, anda bisa memilih tipe Automatic
Table 1.
Setelah itu, layar akan berubah seperti gambar di bawah ini
:
Selanjutnya, jika nanti ada perubahan halaman, perubahan
judul, atau penambahan gambar dan materi, anda bisa meng-update table dengan
cara meng-klik Update Table.
Secara otomatis, penomoran akan otomatis berubah tanpa harus
melakukannya dengan manual.
Teknik menulis daftar isi seperti ini tentu saja sangat
memudahkan anda ketika membuat sebuah dokumen dalam ukuran besar,seperti
skripsi, tesis, disertasi.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Salam Literasi!
Komentar